Home / Kultum / Empat Tanda Kesengsaraan

Empat Tanda Kesengsaraan

Kesengsaraan pasti tidak kita inginkan , namun kesengsaraan tidak selalu dalam bentuk tidak ada atau kekurangan harta. Rasulullah SAW menyebutkan tanda-tandanya

“Diantara tanda tanda kesengsaraan adalah mata yang beku , hati yang kejam, terlalu memburu kesenangan dunia dan terus menerus melakukan dosa.” (HR Hakim)

Berdasarkan hadits diatas, ada empat tanda kesengsaraan bagi manusia , yaitu sebagai berikut.

01. MATA YANG BEKU

Kebekuan merupakan sesuatu yang statis dan tidak ada perubahan kearah yang lebih baik. Mata yang beku adalah mata yang yang melihat sesuatu, tapi tidak menambah keyakinannya kepada Allah dan mata yang beku adalah tidak bisa menangis atas kesalahan yang dilakukannya.

02. HATI YANG KEJAM

Hati yang kejam atau keras adalah hati yang memiliki perasaan tidak suka kepada Allah dan orang lain, akibatnya susah menerima petunjuk.

03. MEMBURU KESENANGAN DUNIAWI

Kenikmatan dunia boleh dirasakan, namun jangan menghalalkan segala cara. Bila cara demikian dilakukan akan membawa kesngsaraan kerena dia dalam kendali dunia. Untuk itu perlu diwaspadai Allah berfirman :

”Dan kehidupan dunia ini, hanyalah permainan dan senda gurau. Sedangkan negeri akhirat itu sungguh lebih baik orang orang  yang bertakwa tidakkah kamu mengerti”  (Al-An’am :32)

04. DOSA YANG KONTINU

Dosa membuat seseorang menjadi sengsara, karena akan menimbulkan banyak persoalan dan tidak mendapatkan ketenangan. Bahakan dosa yang kecil sekalipun akan menjadi besar bila dilakukan secara terus menerus  rasulullah bersabda :

“ Tidak menjadi dosa besar dosa bila dengan istighfar dan bukan dsa kecil bila dilakukan terus menerus”  (HR Thabrani).

Check Also

Ujian Hidup

Hidup di dunia tidak lama. Paling lama enam puluh sampai tujuh puluh tahun. Rasulullah meramalkan …